1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Perpustakaan

Perpustakaan perguruan tinggi  mempunyai tugas memberi pelayanan pustaka kepada civitas akademik, yaitu Mahasiswa, Dosen atau Asisten dan Karyawan. Perpustakaan direncanakan dan dikembangkan untuk dapat membantu pelaksanaan Program Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

Sejalan dengan pelaksanaan sistem satuan kredit semester untuk program pendidikan di perguruan tinggi, kegiatan akademik mengarah pada pemanfaatan sarana perpustakaan. Di sisi lain untuk pengembangan materi kuliah, para dosen atau asisten juga harus membaca dan menulis. Sumber untuk mengetahui hasil penemuan baru adalah majalah dan buku, dimana bahan-bahan  tersebut terdapat di perpustakaan. Dengan demikian perpustakaan akan benar-benar berperan sebagai sarana penunjang dalam membantu proses belajar dan mengajar.

Oleh karena hal tersebut sebaiknya mahasiswa, dosen atau asisten dan   karyawan :
a.    Mengetahui dan  menyadari akan  tersedianya  sumber-sumber informasi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar dan mengajar.
b.    Mampu mendayagunakan  koleksi perpustakaan  dengan baik.
c.    Mampu menggunakan metode dan teknik penelusuran informasi serta mengenal jaringan  kerjasama informasi yang ada.

Perpustakaan adalah kumpulan bahan pustaka baik tercetak maupun tidak tercetak yang disusun dan diorganisir secara sistematis dan disimpan dalam tempat tertentu untuk keperluan membaca, belajar dan tempat informasi.
Secara umum perpustakaan dapat berfungsi sebagai pusat informasi, pendidikan, penelitian dan rekreasi. Sebagai pusat informasi bertugas menghimpun karya tulis manusia, termasuk informasi tentang kejadian masa lalu dan mutakhir. Sebagai pusat pendidikan artinya tempat dimana orang dapat mendidik diri sendiri dengan menekuni berbagai ilmu pengetahuan dan dapat belajar terus menerus seumur hidup dalam bidang yang diminati tanpa ada yang melarang. Sebagai pusat penelitian artinya menghimpun hasil-hasil penelitian, baik yang dimuat dalam majalah, surat kabar atau terbitan lainnya. Sebagai pusat rekreasi artinya menghimpun karya seni, sastra, sejarah juga ilmu pengetahuan yang bersifat hiburan. Khusus mengenai fungsi perpustakaan perguruan tinggi, dapat ditinjau dari segi pelayanan, program kegiatan dan pelaksanaan.

Dari segi pelayanan berfungsi sebagai :
1.    Pusat pengumpulan informasi.
2.    Pusat pelestarian informasi.
3.    Pusat pengolahan informasi.
4.    Pusat pemanfaatan informasi.
5.    Pusat penyebarluasan informasi.

Dari segi program kegiatan berfungsi untuk menunjang tercapainya Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian  dan pengembangan  serta pengabdian kepada masyarakat.
Dari segi pelaksanaan berfungsi sebagai akademis edukatif dan administratif teknis