1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Prosedur Praktikum

Prosedur Praktikum
 
Praktikum yang dilaksanakan di laboratorium Sistem Informasi disesuaikan dengan jadwal kuliah dari masing-masing kelas setiap semesternya. Dan agar setiap praktikum berjalan dengan baik, maka setiap mahasiswa harus sudah menyiapkan atau mempelajari materi yang disesuaikan dengan tugas yang akan dilaksanakan saat praktikum.
 
Jumlah pertemuan praktikum adalah 8 kali praktikum ditambah satu kali ujian; jumlah satu materi praktikum untuk tiap kelas secara umum ada 9 kali pertemuan, dan setiap perserta praktikum wajib mentaati tata tertib praktikum. Bagi mahasiswa yang tidak dapat hadir dalam satu pertemuan praktikum, maka diselenggarakan praktikum mengulang, yang dilaksanakan sebelum Ujian Praktikum. Batasan bagi seorang mahasiswa untuk tidak hadir dalam pertemuan praktikum adalah 3 kali, dan selebihnya tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian praktikum.
 
Bila mahasiswa tidak hadir dan tidak ada pemberitahuan maka yang bersangkutan dinyatakan Absen dan dikenakan denda atas ketidakhadiran tersebut. Apabila ketidakhadiran mahasiswa dikarenakan sakit (dibuktikan dengan surat dokter) maka tidak diberlakukan denda, demikian juga ketidakhadiran karena tugas kantor (harus ada surat keterangan dari kantor tempat bekerja).