1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Kegiatan Temu Alumni

KEGIATAN TEMU ALUMNI DAN PENGARAHAN PRASIDANG STMIK Jakarta STI&K 2012

Sebagai komponen civitas akademika perguruan tinggi wajib selalu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Sebagai perguruan tinggi di bidang komputer, wawasan eilmuan bidang ilmu komputer dan teknologi informasi tidak saja didapatkan secara ormal di bangku kuliah tetapi juga perlu diperluas melalui suatu diskusi atau pandangan mum dari berbagai pihak. Para pihak dimaksud meliputi industri ataupun pengalaman ihak yang sudah menggeluti bidang ilmu komputer pada kehidupan nyata baik di erkantoran ataupun pengalaman lainnya. Keilmuan dan bidang praktek ilmu komputeran teknologi informasi adalah sangat luas dan berkembang dengan pesat sehingganformasi perlu digali dengan cepat untuk dapat mengimbangi dan memenuhi tuntutanompetensi keilmuan tersebut.

Berdasarkan kajian empiris, kebutuhan tenaga teknologi informasi masih sangatlah besar, karena hampir semua institusi sekarang ini sudah memanfaatkan teknologi informasi ebagai salah satu penentu keberlanjutan bisnis proses institusi tersebut. Selain itu emerintah telah mencanagkan program IT-Enabler pada sektor pemerintahan maupun wasta untuk memenuhi standar governance institusi agar dapat melakukan transaksi lobal dengan negara lain. Tentu saja untuk dapat memenuhi standar tersebut dibutuhkanenaga kerja teknologi informasi yang handal dan terampil.

Kebutuhan tenaga tersebut sangat beragam dan berkembang, yang pada awalnya hanya terdiri dari tiga ragam utama, yakni : operator, programmer, dan sistem analis. Saat ni bertambah keragamannya seperti : administrator database, administrator jaringan omputer, pengelola situs, dll. Seluruh keragaman dan strata tersebut telah ditetapkan tandar kompetensi profesi oleh pemerintah melalui departemen tenaga kerja. Selain itu agi yang akan bekerja di luar negeri, kompetensi tenaga TIK harus memenuhi stadar kompetensi Internasional, yang sudah ditetapkan di masing-masing negara, terutama pada roposal Prasidang STMIK Jakarta STI&K 2012.

Era globalisasi yang mensyaratkan kemampuan tenaga TIK yang handal dalam mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi yang didukung dengan kemampuan perkomunikasi baik lisan maupun tulisan.Infomasi penting lainnya yang dibutuhkan adalah tentang tingkat kepuasan pengguna lulusan dan daya serap lulusan. Berdasarkan pengalaman para lulusan/alumni aupun stakeholder lulusan dapat diketahui kemampuan standar yang diinginkan oleh ihak terkait yang telah memanfaatkan teknologi informasi dalam mengoperasikan proses bisnisnya.


Menyikapi kebutuhan pengetahuan tentang kompetensi lulusan tersebut, maka Program Studi di lingkungan STMIK Jakarta STI&K mengadakan kegiatan pembekalan agi para mahasiswa tingkat akhir baik jenjang D3 maupun S1 tentang apa sebenarnya kemampuan yang diinginkan dan diperlukan oleh pasar tenaga kerja. Hal ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa tentang kesiapan yang harus dilakukan untuk menghadapai kebutuhan kemampuan profesi baik lokal maupun global.

Pada kegiatan ini akan mendatangkan alumni untuk memberikan informasi tentang pengalaman bekerja dan tingkat kemampuan yang dibutuhkan oleh pihak pengguna. Selain itu juga kegiatan ini diharapkan dapat memberikan suatu gambaran bagi penyelenggaraan akademik pada perguruan tinggi tentang tingkat kemampuan mahasiswa sebelum mereka lulus. diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa sebelum mengakhiri masa studi dapat meningkatkan kompetensi dan keilmuannya, sehingga mereka dapat berkompetisi dengan Lulusan dari perguruan tinggi lain dan tentu saja apa yang diharapkan oleh pengguna
lulusan dapat dipenuhi.

Hal ini tentu saja dapat meningkatkan tingkat daya serap lulusanya yang merupakan salah satu indikator keberhasilan proses belajar mengajar.

Tujuan Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mewujudkan pelaksanaan:
(a) Tri Dharma Perguruan Tinggi
(b) Kegiatan rutin dari Program Studi STMIK Jakarta STI&K.
(c) Wadah sosialisasi dan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang terkait di dalam hubungan dengan dunia kerja.

Manfaat Proposal Prasidang STMIK Jakarta STI&K 2012 3
(a) Memberikan wawasan kepada calon sarjana untuk menghadapi sidang akhir dari mahasiswa STMIK Jakarta STI&K.
(b) Memberikan wawasan kepada calon alumni untuk menghadapi dunia kerja.


Waktu dan TempatKegiatan Temu Alumni maupun pengarahan akan diselenggarakan pada :
Hari / Tanggal : Sabtu / 13 Oktober 2012
Waktu           : 09.00 s/d selesai
Tempat         : Ruang Auditorium STMIK Jakarta STI&K Kampus Radio Dalam

Peserta dan Narasumber
Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswa STMIK Jakarta STI&K tingkat akhir
baik D3 maupun S1. Sebagai narasumber kami undang dua orang alumni, yakni :
1. Bp. Eko Purwanto, SKom. dari PT. Medco E&P Indonesia
2. Bp. Muhammad Nuril Huda, SKom. dari PT. Sistem Aksesindo Perdana

Susunan AcaraKegiatan ini menyajikan materi yang berkaitan dengan persiapan sidang akhir dan
pengetahuan di lapangan kerja dari para pembicara. Kegiatan ini terprogram dengan
susunan acara seperti sebagai berikut:

Susunan Acara Temu Alumni Dan Pengarahan Sidang


No Waktu Acara

1 08.30 – 09.00 Registrasi
2 09.00 – 09.15 Pembukaan Oleh Wakil Ketua I STMIK Jakarta STI&K
3 09.15 – 09.30 Sambutan dari Ketua Panitia
4 09.30 - 09.45 Pengarahan dari Program Studi
5 09.45 – 10.15 Pengarahan dari Bagian Sidang Ujian, Transkrip dan Ijazah dan Career Center
6 10.15 – 11.45 Penyampaian materi dari dua orang alumni
7 11.45 – 12.00 Diskusi dan Tanya Jawab
8 12.00 Penutup

Jakarta, 26 September 2012

Ketua Pelaksana:

Dr. Bheta Agus Wardijono

Ketua Program Studi Sistem Informasi