1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Sejarah STMIK Jakarta STI&K


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berawal dari sebuah sekolah yang bernama Institut Ilmu Komputer (IIK), yang didirikan pada tahun 1978, lahir Perguruan Tinggi Komputer pertama di Indonesia ini, sebagai gagasan seorang Praktisi Komputer bernama Drs. F. Ameln, SH. Sekolah yang dikelola oleh Yayasan Ilmu Komputer ini pada mulanya lebih berkiblat pada materi Ilmu Komputer yang dikembangkan di Amerika Serikat, karena sebagian besar staf pengajarnya saat itu, merupakan lulusan Perguruan Tinggi Komputer di Amerika Serikat. Barulah pada tahun 1982, tepatnya 1 September 1982 setelah diadakan studi perbandingan dengan sekolah komputer di Negeri Belanda, yaitu sekolah Teknik Eindoven jurusan Informatika yang dipimpin oleh Prof. Ir. Rem, maka terjadilah suatu adaptasi antara bahan kurikulum Amerika Serikat dengan bahan kurikulum Negeri Belanda yang ternyata dapat berguna dan sangat tepat bila diterapkan di Indonesia, untuk menghasilkan Sarjana Komputer.


Bersamaan ini pula, kunjungan evaluasi Kopertis Wilayah III telah pula mengubah nama Institut Ilmu Komputer menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K, yang diharapkan dapat melahirkan para Sarjana Komputer yang handal.


Pada tanggal 09-05-1990 Pemerintah memberikan kepercayaan melalui SK Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI Nomor : 0345/O/1990 dengan memberikan Status Diakui kepada Jurusan/Program Studi di lingkungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta, yang kemudian singkatannya dikenal sebagai STMIK Jakarta STI&K.


Selanjutnya pada tanggal 23 Oktober 1992 statusnya meningkat menjadi "Disamakan" untuk Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Jenjang D3 dan S1 di Lingkungan STMIK Jakarta STI&K melalui SK Nomor 466/DIKTI/Kep/1992.


Saat ini Yayasan Ilmu Komputer  (YILKOM) ini di pimpin oleh Ibu. Prof. Dr. E.S.Margianti, SE., MM. dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K di pimpin  oleh Bapak. Prof. Dr. Sarifuddin Madenda. Berdasarkan SK DIRJEN DIKTI Nomor 350/DIKTI/KEP/1995 tanggal 26 Juli 1995 pemerintah menetapkan kembali "Status Disamakan" kepada kedua jurusan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K yaitu Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer untuk Jenjang Pendidikan Strata Satu (S1) dan Diploma Tiga (DIII).


Pada tanggal 17 November 1997, berdasarkan evaluasi Badan Akreditasi Nasional (BAN), STMIK Jakarta STI&K dinyatakan "Terakreditasi" bagi jurusan/program studi Teknik Komputer dan Manajemen Informatika Jenjang Strata Satu (S1) melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 78/D/O/1997.


Hingga saat ini Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K telah berhasil meluluskan  para Sarjana dan Diploma Tiga dan alumnus tersebut telah tersebar diberbagai perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta di tingkat Nasional dan Internasional.