Prototipe Aplikasi Desktop Untuk Identifikasi Kecanduan Game Online

Authors

  • Dhana Eka Saputra Sistem Informasi, Universitas Gunadarma
  • Robby Kurniawan Harahap Sistem Komputer, Universitas Gunadarma
  • Rizky Rachmad Firdaus Sistem Informasi, Universitas Gunadarma

Keywords:

Backward chaining, Identifikasi, Game online, Sistem Pakar

Abstract

Permainan modern yang menggunakan jaringan internet yaitu game online. Kegiatan bermain game online secara terus-menerus dapat mengakibatkan kecanduan. Bahaya kecanduan game online dapat menimpa orang dewasa bahkan anak-anak. Penulisan ini membuat aplikasi desktop menggunakan metode backward chaining untuk mengidentifikasi kecanduan game online dari 10 gejala berdasarkan 6 jenis prilaku kecanduan game. Hasil yang didapatkan pada pengujian diagnosis yaitu pada pengujian pertama dari 10 gejala dipilih 2 gejala yaitu G1 dan G4 dengan hasil tidak terindikasi kecanduan game online, lalu pada pengujian kedua dari 10 gejala di pilih 6 gejala yaitu G1, G6, G7, G8, G9, dan G10 dengan hasil terindikasi kecanduan game online.

Published

2020-09-15