Analisis Efektivitas Iklan Dewarumah Melalui Media Sosial Instagram Menggunakan Metode EPIC Model (Emphaty, Persuasion, Impact and Communication)

Authors

  • Mochamad Yudha Sugiarto Sultan Universitas Gunadarma

Keywords:

Sistem Informasi, metode EPIC Model, efektivitas iklan, Instagram

Abstract

Perkembangan internet yang sangat cepat pada masa sekarang ini telah mempengaruhi sebagian besar ekonomi di dunia, dan termasuk Indonesia. Berbagai macam kemudahan dalam mencari informasi lewat internet khususnya Instagram, membuat Dewarumah mulai memanfaatkannya sebagai salah satu media untuk memasarkan bisnis pengembang properti untuk meningkatkan penjualan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas iklan yang akan diukur menggunakan empat dimensi (Emphaty, Persuasion, Impact And Communication).

Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada 98 responden pemilik akun Instagram aktif yang merupakan Followers dari akun sosial media Dewarumah yang berdomisili di Jabodetabek dengan teknik pengambilan sampel acak (simple random sampling), dan telah di uji validitas dan reliabilitasnya dengan bantuan software SPSS 26.

Penelitian ini menggunakan teknis analisis kuantitatif, analisis tabulasi sederhana, dan skor rata-rata yang kemudian akan dimasukkan ke dalam rentang skala EPIC Model. Hasil dari penelitian ini berdasarkan dari rata-rata EPIC rate (Emphaty, Persuasion, Impact And Communication) adalah sebesar 3,970 dan masuk dalam rentang skala efektif dengan dimensi Empathy yang mendapatkan skor terbesar 4,095.

Published

2020-09-03