Perancangan Sistem Pengecekan Komponen Kayu Pada Piano di PT. Yamaha Music Manufacturing Asia

Authors

  • Heri Satria Setiawan Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
  • Sri Mardiyati Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
  • Ida Fitriani Informatika, Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Yamaha, Alat Music, Kayu, Piano, Kontrol Kualitas

Abstract

Sistem produksi pada perusahaan yang bergerak di bidang produk alat musik dan pro audio adalah perusahaan manufaktur yang terdiri dari beberapa bahan kayu ( part wooden) yang menjadi bagian utama dalam membentuk suatu alat musik. Untuk mengerjakan parts wooden dimulai dari proses kayu mentah sampai finish good adalah tugas atau fungsi dari masing – masing operator yang menjalankan proses tersebut. oleh karena itu dibentuknya sub bagian untuk mengontrol proses produksi yaitu ”Process Quality Control (PQC)”. 

Pada bagian PQC bahan baku kayu yang sudah berupa komponen-komponen diperiksa secara visual dengan metode sampling untuk mengetahui apakah komponen tersebut baik untuk diproduksi atau tidak dan hasil pengujian komponen dilaporkan untuk diberi label OK. Proses pelaporan hasil pemeriksaan mutu komponen, bagain PQC mengisi form kontrol secara manual. Dari uraian singkat diaatas perlu diadakannya sistem pengecekan yang terkomputerisasi agar mempermudah dalam pencatatan dan pelaporan hasil pengecekan komponen dibagian

Pembuatan sistem yang digunakan untuk memberikan alternatif pemecahan masalah yang terdapat pada sistem pengecekan dalam proses produksi serta penginputan data hasil pengukuran SPC di PT. Yamaha Music Manufacturing Asia. Proses pengembangan system ini menggunakan metode pengembangan system klasik dengan tahapan pendefinisian, analisis masalah, pengembangan dengan pembuatan program computer, implementasi sampai maintenent system.

Published

2020-09-03