Sistem Review Rekam Medis Sesuai Dengan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit I Pada Standar Mirm 13.4 di RS. Khusus Kanker MRCC Siloam Semanggi

Authors

  • Anom Suseno Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K
  • - Sudjiran Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K
  • - Soegijanto Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K

Keywords:

Review, MIRM, Rekam Medis, KARS

Abstract

Salah satu syarat mendapatkan sertifikat akreditasi rumah sakit dari KARS adalah dilakukannya review rekam medis. RS Khusus Kanker MRCCC Siloam Semanggi masih menggunakan kertas kerja manual dalam memenuhi Standar MIRM 13.4. Selama 2 kali memenuhi Akreditasi, RS. Khusus Kanker MRCCC Siloam Semanggi mendapatkan Standar Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM) 13.4 masih menggunakan manual kertas kerja yang kemudian direkap setiap periode dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan laporan evaluasi atau review rekam medis. Metode pengembangan sistem ini menggukanan model pengembangan klasik dari pendefinisian masalah, perancangan sistem, pembuaran kosong program komputer, pengetesan sampai pemeliharaan. Peneliti membuatkan suatu sistem review rekam medis yang dapat memenuhi kebutuhan Standar MIRM 13.4. Sistem dibuat berbasis web dengan menggunakan Xampp yang sudah terdiri dari PHP dan MySQL.

Hasil dari sistem yang dibuat oleh peneliti mendapatkan respon yang baik dari petugas rekam medis, sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya serta dapat menjadi bahan untuk pelaporan yang memenuhi standar KARS. Adapun pelaporan bisa di download dan dapat dianalisis oleh manajemen, sehingga mampu menjadi acuan sebagai pengambilan keputusan.

Published

2020-09-03