Sistem Evaluasi Kinerja untuk Menghitung Angka Kredit Dosen Dengan Metode Paperless pada Kampus STMIK Jakarta STI&K

Authors

  • Desy Diana Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K
  • Marti Riastuti Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K

Keywords:

Dosen, penilaian kinerja, aplikasi web, Pemrograman PHP, Mysql

Abstract

Tugas pokok dari seorang dosen adalah tercantum dalam tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kampus STMIK Jakarta STI&K saat ini penilaian angka kredit dosen menggunakan manual masih tidak efektif dan datanya kurang valid. Sistem ini ini dapat membantu badan administrasi umum tidak direpotkan untuk mengalkulasi data perhitungan angka kredit semua doasen.

Sistem ini menghasilkan informasi detail kepada dosen tentang angka kredit yang dihasilkan selama melakukan kegiatan tridharma. Informasi angka kredit tersebut selanjutnya dapat digunakan untuk mengajukan kenaikan jabatan fungsional yang berhubungan langsung dengan kenaikan pendapatan masing-masing dosen. Semua berkas di kalkulasi oleh sistem secara cepat tanpa menunggu berkas fisik. Sistem ini melakukan perhitungan secara detail dan tepat sesuai yang dilakukan oleh dosen sehingga kenaikan jabatan fungsional dosen tidak salah pehitungan naik ke tingkat jabatan selanjutnya.

Sistem perhitungan angka kredit dirancang menggunakan Bahasa Pemograman PHP dan database MySql. Informasi database yang tersimpan secara berkala setiap semester yang diinput masing-masing dosen membantu dalam perhitungan secara bekala. Setiap dosen juga dapat melihat hasil keseluruhan nilai masing-masing melalui akun setiap dosen secara online di sistem perhitungan angka kredit ini.

Published

2020-09-03