Panduan Penulis

Jurnal Ilmiah Komputasi memiliki Panduan Penulisan artikel yang digunakan oleh penulis. Penulisan artikel dapat dilakukan dengan menggunakan format file dokumen .docx atau .lyx (LaTeX atau LyX). Informasi tentang penulisan artikel terdapat di dalam template yang telah disediakan.


Berikut ini adalah template penulisan yang dapat digunakan.

 

Surat Pernyataan Penulis dan Pengalihan Hak Cipta

Penulis artikel yang artikelnya telah melalui proses review dan dinyatakan diterima, maka harus membuat Surat Pernyataan Penulis dan Pengalihan Hak Cipta. Surat pernyataan dan pengalihan hak cipta ini dibuat oleh penulis kemudian ditandatangi di atas materei.

Surat Pernyataan Penulis dapat diunduh melalui link berikut ini.
• Surat Pernyataan Penulis dan Pengalihan Hak Cipta (Surat Pernyataan)

 

Panduan Penulisan Manuskrip/Artikel

Jurnal Ilmiah Komputasi memiliki panduan untuk penulis dalam menghasilkan manuskrip/artikel.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan oleh penulis agar manuskrip/artikel yang dikirimkan sesuai dengan template Jurnal Ilmiah Komputasi.

 

Struktur Manuskrip/Artikel

Judul

Judul artikel dituliskan dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 14, cetak tebal (maksimal kata 12, dalam Bahasa Indonesia)

Penulis

Nama Penulis dituliskan lengkap, kemudian dilanjutkan dengan menuliskan afiliasi, alamat afiliasi dan email. Jika penulis berasal dari afiliasi yang berbeda maka diberikan tanda superscript, seperti terlihat di bawah ini.

Penulis11, Penulis22

1Jurusan, fakultas, institusi

2Jurusan, fakultas, institusi

1penulis1@xxx.ac.id, 2penulis2@yyy.ac.id

Abstrak [Times New Roman 9]

Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia, jumlah kata maksimal 250 kata dalam bahasa Indonesia. Abstrak ditulis dengan menggunakan tipe hurus Times New Roman 9, spasi 1.

Kata kunci setelah abstrak dituliskan dalam 5 kata yang merupakan kata kunci dari penelitian, ditulis dengan menggunakan huruf kecil (kecuali jika merupakan singkatan) dan dipisahkan dengan tanda baca koma untuk antar kata.

Struktur penulisan isi artikel adalah dengan didahului oleh Pendahuluan (terdiri dari latar belakang, masalah penelitian, tujuan penelitian dan tinjauan literatur singkat atau state of the art penelitian), Metode Penelitian (bisa berisi analisis, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, dan implementasi), Hasil dan Pembahasan (hasil dari penelitian dan diskusi hasil), Kesimpulan, Ucapan Terimakasih (jika ada) dan Daftar Pustaka

Pendahuluan (Bab ukuran 12, cetak tebal, tanpa nomor)

Artikel hendaknya memuat tulisan yang berisi: Pendahuluan (terdiri dari latar belakang, masalah penelitian, tujuan penelitian dan tinjauan literatur singkat atau state of the art penelitian), Metode Penelitian (meliputi analisis, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi), Hasil dan Pembahasan (hasil dari penelitian dan diskusi hasil), Penutup, Ucapan Terima Kasih (jika ada), dan Daftar Pustaka. Setiap Section dituliskan dengan menggunakan huruf Times New Roman 12, cetak tebal. 

Metode Penelitian

Pada Metode Penelitian dijelaskan tahapan penelitian yang dilakukan. Jelaskan dengan ringkas, tetapi tetap akurat seperti  tempat, waktu, jenis data, cara memperoleh, analisa data. Untuk metode baru harus dijelaskan secara rinci agar peneliti lain dapat mereproduksi percobaan. Sedangkan metode yang sudah mapan bisa dijelaskan dengan memetik rujukan.

Spesifikasi (Sub bab ukuran 11, cetak tebal)

Naskah ditulis dalam ukuran kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan jumlah halaman minimum 6 halaman (diluar daftar pustaka), maksimum 15 halaman, termasuk tabel dan gambar, jarak antar paragraf 6pt serta dengan mengacu tata cara penulisan seperti telah yang disusun pada tulisan ini.

Gunakan tipe huruf Times New Roman pada seluruh naskah, dengan ukuran huruf 10pt seperti yang telah dicontohkan pada panduan penulisan ini. Jarak spasi adalah single dan isi tulisan atau naskah menggunakan perataan kiri-kanan (justified), kecuali pada tabel, gambar dan daftar referensi. Tidak ada sub bab yang isinya hanya 1 paragraf.

Fomula atau Rumus
Rumus ditulis secara jelas menggunakan persamaan dengan indeks seperti rumus 1.

dengan E adalah energi (Joule), m adalah massa dan c adalah cepat rambat gelombang [2]. Setiap variabel dalam rumus wajib dijelaskan dalam bentuk kalimat seperti diatas.

Tabel

Tabel harus diberi nomor sesuai urutan presentasi (Tabel 1, dst.). Judul tabel ditulis diatas tabel dengan posisi rata tengah (center justified), tidak ada cetak tebal maupun berwarna. Font yang dipakai berukuran 8, baik judul tabel maupun isi tabel. Tabel harus diacu dan dirujuk dalam teks. Tidak ada garis tegak lurus dalam tabel.

Gambar
Gambar diberi nomor sesuai urutan presentasi. Judul gambar diletakkan di bawah gambar dengan posisi tengah (centre justified). Ukuran huruf yang dipakai dalam nama gambar berukuran 8. Gambar harus diacu dan dirujuk dalam teks. Perhatikan Gambar 1.

Rujukan
Disarankan menggunakan tools Mendeley untuk manajemen rujukan. Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk/diacu dalam tulisan atau manuskrip. Jumlah referensi primer minimal 10 buah dan terbaru, dan ditulis dengan ukuran 8pt.

Hasil dan Pembahasan
Rangkaian hasil penelitian berdasarkan urutan/susunan logis untuk membentuk sebuah cerita. Isinya menunjukan fakta/data dan jangan diskusikan hasilnya. Dapat menggunakan Tabel dan Angka tetapi tidak menguraikan secara berulang terhadap data yang sama dalam gambar, tabel dan teks. Untuk lebih memperjelas uraian, dapat mengunakan sub judul.
Pembahasan adalah penjelasan dasar, hubungan dan generalisasi yang ditunjukkan oleh hasil. Uraiannya menjawab pertanyaan penelitian. Jika ada hasil yang meragukan maka tampilkan secara objektif.

Kesimpulan
Kesimpulan berisi fakta yang didapatkan, cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian (jangan merupakan pembahasan lagi); Nyatakan kemungkinan aplikasi, implikasi dan spekulasi yang sesuai. Jika diperlukan, berikan saran untuk penelitian selanjutnya.

Ucapan Terimakasih [jika ada]
Ucapan terima kasih dapat dituliskan dengan menyebutkan nama pemberi dana dan pemberi dukungan yang membantu penelitian.

Daftar Pustaka

[ 1 ] C.J. Date, “An Introduction To Database Systems”, 6th ed., Addison Willey Publishing Wesley Company, Inc., Reading Massachusetts, 2000.

[ 2 ] Didik Wijaya & Ander Parulian Hutasoit, “Tip dan Trik Macromedia Flash MX dengan Action Script”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004.

[ 3 ] Anonim, “Sistem Pemerintahan di Indonesia”, cetakan pertama, PT. Gunung Agung, Jakarta 1983.

[ 4 ] P.R.Jr. Galagher, “A Guide to Understanding Audit in Trusted System”, http://www.radium.nesc.mil/library/rainbow /NCSC-TG-001-2.html,1 Juni 1988.

Beberapa ketentuan untuk daftar pustaka :

  1. Buku Teks : nama penulis, judul buku, kota penerbit, tahun.
  2. Jurnal : nama penulis, judul tulisan, judul buku, organisasi penerbit jurnal, volume, halaman yang dicuplik, kota penerbit, penerbit, tahun.
  3. Penulisan nama penulis ditulis tanpa gelar, ditulis berurutan nama pertama, nama tengah dan nama akhir.