(021) 739 7973

Kunjungan dan Uji Coba Aplikasi Marketplace serta Sistem Tertanam

Kemahasiswaan - Senin, 27 November 2023 - 16:18


Kunjungan dan Uji Coba Aplikasi Marketplace (JakSmart) Berbasis CRM dan Sistem Tertanam Untuk Pendeteksi Tingkat Kematangan, Pendeteksi Kevakuman Kemasan dan Pengontrol Suhu.


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K melalui Program Hibah Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan 2023 yang didanai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan kunjungan dan uji coba produk TIK pada hari Kamis dan Senin 24 dan 27 November 2023. Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka persiapan implementasi inovasi produk TIK Perguruan Tinggi sehingga dapat meminimalisasi error, sekaligus serah terima alat – alat produksi untuk mitra Rumah Ratu Sabanban dan mitra Kinara Berkah Abadi. Pada kunjungan pertama dilakukan uji coba peralatan sistem tertanam yang dikembangkan, jika terdapat ketidak sesuaian hasil segera dilakukan perbaikan dan pada kunjungan berikutnya siap untuk diterapkan. Selain pengembangan sistem tertanam, dikembangkan pula aplikasi marketplace (JakSmart) berbasis Customer Relationship Management (CRM), dan telah diujikan pada mitra.


Foto 1 dan 2 adalah kunjungan ke mitra Ratu Sabanban sekaligus penyerahan alat produksi, antara lain oven panggang, mesin giling dan laptop.


Mitra Rumah Ratu Sabanban beralamat di Jl. TMP Taruna D5 No. 37 Suka Asih Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang dengan pemilik bernama Ofah Masyrofah SP.d serta memulai usaha pada tahun 2014. Dalam kesempatan ini telah dilakukan kunjungan dan uji coba alat produk TIK yang dilakukan oleh 8 dosen dan 12 mahasiswa. Kegiatan ini di pandu oleh Dr. Aqwam Rosadi Kardian selaku Wakil III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Program Hibah UMKM Berbasis Kemitraan 2023. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dengan adanya bantuan berupa produk TIK dan alat – alat produksi, diharapkan dapat meningkatkan proses produksi mitra. Serah terima alat - alat bantuan untuk meningkatkan hasil produksi berupa 1 buah mesin giling daging, 1 buah oven panggang dan 1 buah laptop untuk menjalankan aplikasi JakSmart. Penyerahan bantuan alat produksi dilakukan oleh Dr. Bheta Agus Wardijono selaku Penanggung Jawab Mitra Rumah Ratu Sabanban dan diterima langsung oleh Ibu Rofah selaku Pemilik Rumah Ratu Sabanban.

Karya inovasi sistem tertanam yang dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa bertujuan untuk peningkatan produksi sate bandeng Ratu Sabanban adalah dengan memanfaatan sensor untuk mengukur kadar air produk, yang dapat menginformasikan tingkat kemantangan sate bandeng. Dengan demikian kematangan sate bandeng dapat terkontrol dengan baik, serta pemanfaatan sensor untuk mengukur tingkat kevakuman kemasan, yang bertujuan untuk meningkatkan keawetan sate bandeng. Berkaitan dengan transaksi, promosi, dan branding dikembangkan marketplace JakSmart yang menyediakan fitur transaksi penjualan, laporan rugi laba, branding dan promosi.

Selain Ratu Sabanban, mitra yang juga dikunjungi adalah mitra Kinara Berkah Abadi yang beralamat di Permata Green Residence Tangerang Selatan. Inovasi yang dikembangkan untuk Kinara Berkah Abadi adalah sistem tertanam yang berfungsi sebagai pengontrol suhu, sehingga cheese stick yang dihasilkan tetap matang sempurna sesuai dengan standar produksi.

Dokumentasi mitra Kinara Berkah Abadi foto 3 dan 4 merupakan penyerahan alat produksi secara simbolis.