Manajemen Informatika

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah berjalan dengan sangat pesat. Komputer telah digunakan di berbagai bidang sebagai alat bantu untuk mendukung dan mempermudah pekerjaan dalam penyampaian informasi. Pengelolaan dan pemanfaatan informasi dengan berbasiskan pada komputer telah menjadi suatu kebutuhan dan memegang peranan penting dalam dunia bisnis, institusi pendidikan, lembaga pelayanan masyarakat, serta bidang-bidang lainnya.

Program Studi Informasi STMIK Jakarta STI&K melihat peluang yang ada dengan menyelenggarakan program pendidikan untuk mengisi kebutuhan dunia kerja pada lulusan yang dapat menggunakan dan memanfaatkan komputer untuk mengolah informasi yang diperlukan. Kurikulum yang ditawarkan mengarahkan kepada mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang bagaimana menganalisis dan merencanakan sistem, bagaimana mendesain suatu Manajemen Informatika, serta membangun aplikasi Manajemen Informatika sesuai dengan kebutuhan.

Visi & Misi

Visi Program Studi Manajemen Informatika adalah pada tahun 2022 menjadi Program Studi Manajemen Informatika terkemuka pada bidang analisis dan perancangan Manajemen Informatika, pembuatan perangkat lunak aplikasi, dan basis data yang berjejaring global.

Misi Program Studi Manajemen Informatika adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu tinggi di bidang Manajemen Informatika untuk pengembangan sumber daya manusia sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkompeten sesuai dengan kebutuhan saat ini dan akan datang.
  2. Memotivasi sumber daya yang ada pada program studi untuk mengembangkan dan menghasilkan penelitian di bidang Manajemen Informatika berbasiskan pada teknologi informasi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan ilmu Manajemen Informatika.
  4. Mengembangkan program studi yang dapat merespon berbagai perubahan untuk terciptanya Good University Governance.

Tujuan

Tujuan Program Studi Manajemen Informatika adalah:

Misi

  1. Mempersiapkan peserta didik menjadi sarjana Manajemen Informatika yang berkualitas, profesional, berintegritas, bermartabat, dan berkepribadian tinggi.
  2. Menjadi program studi yang memiliki:
    1. Hubungan kerjasama dengan institusi baik di dalam maupun di luar negeri
    2. Peran dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Manajemen Informatika
    3. Peran dalam masyarakat dalam penerapan teknologi informasi khususnya Manajemen Informatika
  3. Menghasilkan lulusan yang:
    1. Menguasai dasar pengetahuan sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah.
    2. Memiliki kemampuan dan terampil dalam menerapkan keahlian di bidang Manajemen Informatika dalam pekerjaan masing-masing.
    3. Mampu dalam melakukan analisis dan perancangan Manajemen Informatika, menggunakan program aplikasi, serta mendesain basis data yang diimplementasikan pada Manajemen Informatika.
    4. Mampu beradaptasi terhadap perubahan teknologi ke masa depan yang ada di berbagai industri, serta mampu mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.

Profil Lulusan

Program Studi menghasilkan lulusan yang :

  1. Memiliki kompetensi keilmuan, berdaya saing tinggi, adaptif, dan profesional;
  2. Berkemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi cerdas sesuai bidang keilmuannya: Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi;
  3. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin, dan memiliki jiwa wirausaha;
  4. Berintegritas, kerendahan hati, kerajinan, penguasaan diri, keberanian, keadilan, kesabaran, kesopanan dan ketaatan terhadap hukum, menjunjung tinggi etika profesi, dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan;
  5. Memiliki kemampuan mewujudkan penerapan nilai-nilai moral dan etika kepribadian dan etika karakter dalam kehidupan keseharian baik di dalam maupun di luar lingkungan perguruan tinggi;
  6. Peduli terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanggap terhadap setiap perubahan dalam setiap aspek kehidupan di lingkungannya; serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Prospek dan Peluang Dunia Kerja

Prospek dan peluang kerja lulusan program studi Manajemen Informatika terbuka lebar di banyak bidang. Bidang-bidang yang dapat menyerap lulusan program studi Manajemen Informatika antara lain: bidang pendidikan, bidang industri yang memerlukan pengolahan dan pemanfaatan Manajemen Informatika, bidang perbankan, bidang asuransi, bidang transportasi misalnya untuk Manajemen Informatika penjadwalan, bidang kesehatan misalnya untuk Manajemen Informatika pasien, lembaga pemerintahan dan swasta yang memerlukan pengolahan Manajemen Informatika, serta bidang-bidang lainnya.

Copyright © Aditya Dwi Rahmadi 2020 STMIK Jakarta STI&K