(021) 739 7973

Program Hibah Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan 2023

Kemahasiswaan - Sabtu, 18 November 2023 - 19:03


Foto dok. 1. Revisi Kelengkapan Usulan Program Hibah Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan 2023.


Foto dok. 2. Penandatangan Kontrak dan Verifikasi Kelengkapan Dokumen Usulan Program Hibah Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan 2023.


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K melalui surat dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 7988/E1/KS.00.00/2023 tertanggal 21 Oktober 2023 dalam rangka penandatanganan kontrak Program Hibah Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan dinyatakan sebagai salah satu perguruan tinggi yang menerima dana hibah tersebut. Pada Program Hibah Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan ini Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K menggandeng 2 mitra UMKM yaitu Mitra Rumah Ratu Sabanban yang memproduksi sate bandeng dan Mitra Kinara Berkah Abadi sebagai pengusaha produk cheese stick.

Kegiatan hibah ini di bawah koordinasi Dr. Aqwam Rosadi Kardian selaku Wakil III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, yang ditugaskan sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan. Program-program yang dilakukan dalam rangka pembinaan mitra adalah yang selaras dengan bidang keilmuan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STI&K, antara lain:

1.      Pengembangan alat bantu berbasis sistem tertanam yang dapat diterapkan pada mitra untuk meningkatkan produksi, seperti alat untuk mendeteksi tingkat kematangan makanan, alat untuk mendeteksi kevakuman serta alat untuk mendeteksi tingkat panas suhu kompor. Kegiatan ini selain diikuti oleh dosen juga melibatkan mahasiswa khususnya mahasiswa program studi Sistem Komputer.

2.      Pengembangan Sistem Tata Kelola Keuangan berupa marketplace JakSmart, yang dapat digunakan untuk proses penjualan, branding serta memperluas jaringan pemasaran.

3.   Pengembangan Digital Marketing guna menjangkau pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk secara efisien.


Berkaitan dengan kegiatan tersebut pada tanggal 14 November 2023 bertempat di RA Suites Hotel Simatupang telah berlangsung sosialisasi produksi pangan dan pelatihan pembuatan Standar Operasioanl Prosedur dengan narasumber Bapak Adi Suryo Hutomo SE.,MM dari Kementrian Koperasi dan Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Koperasi, Korporasi dan Ekonomi Kerakyatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dalam paparannya beliau menyampaikan pentingnya mempertahankan produk pangan lokal yang bergizi untuk masyarakat Indonesia sehingga produk pangan lokal tidak dikuasai oleh pihak asing serta pentingnya Standar Operasional Prosedur untuk tetap dapat memproduksi pada mitra Kinara Berkah Abadi walaupun sang pemiliki sedang tidak ada ditempat sehingga tidak menghambat proses produksi. Luaran yang dihasilkan berupa Standar Operasional Prosedur Pemasukan dan Pengeluaran Kas, Produksi dan Produksi Varian Lain.


Foto dok. 3.  Narasumber Menyampaikan Materi Produksi Pangan dan Pembuatan SOP


Foto dok. 4. Diskusi dan Tanya Jawab oleh Peserta Sosialisasi.


Program ini didanai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementrian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Pelaksanaan program melibatkan dosen dan mahasiswa prodi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K. Program hibah ini memulai kegiatan pertamanya tanggal 30 Oktober 2023 yaitu pembuatan marketplace. Pada kesempatan yang sama Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K Dr. Lussiana ETP meyatakan bahwa dengan berbagai pelaksanaan program kegiatan ini dapat meningkatkan IKU Perguruan Tinggi yaitu IKU-2, IKU-3 dan IKU-5 serta rekognisi Perguruan Tinggi di bidang Sistem Informasi dan Sistem Tertanam. Berbagai kegiatan dalam pelaksanaan program hibah ini didedikasikan untuk mitra khususnya dan pelaku UMKM lainnya milai dari masalah produksi pangan, pembuatan Standar Operasional Prosedur, penerapan TIK dalam bidang pemasaran dan proses produksi. Melalui kegiatan ini salah satu bentuk perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan pengabdian pada masyarakat. Pada berbagai pelaksanaan kegiatan lainnya, selain dua mitra utama terdapat 24 UMKM lainnya yang turut serta dalam berbagai pelaksanaan kegiatan. Dengan adanya program hibah pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan ini, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K dapat terus mewujudkan kepedulian terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM sehingga mendorong pelaku UMKM untuk dapat tetap bersaing dalam persaingan global yang saat ini terjadi.